Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Bibir Kering Saat Puasa Dapat Dicegah dengan Tips Ini

bibir kering
freepik.com

Bibir kering sudah menjadi keluhan yang jamak. Apalagi pada saat seseorang menjalani puasa. Keluhan tersebut sering muncul.

Selain tidak nyaman, bibir kering juga cukup mengganggu penampilan seseorang. Terlebih, penampilan, bagi wanita menjadi sebuah prioritas.

Bibir kering, biasanya ditampakkan dengan warna yang lebih gelap. Selain itu juga permukaan, atau kulit bibir menjadi pecah-pecah.

Terkadang juga, kulit bibir mengelupas dan yang sedikit menyakitkan bila sampai berdarah. Tentu selain mengganggu penampilan, pendarahan ini juga membuat sakit dan tak nyaman.

Rentan Kekurangan Cairan

Bibir kering ini bisa terjadi, karena beberapa sebab. Beberapa di antaranya adalah paparan terik matahari, embusan angin yang terlalu kencang serta  kekurangan cairan.

Selain itu, alergi terhadap kosmetik atau obat kumur tertentu juga bisa menjadi pemicu bibir kering. Keseringan makan terlalu pedas, efek samping obat serta kekurangan vitamin A, B, B2 dan vitamin C.

Selama masa puasa, asupan minum juga  terbatas. Kondisi itu otomatis membuat bibir rentan masalah kekeringan.

Kekeringan itu bisa berujung pada kulit yang pecah-pecah, yang dalam istilah medis sering disebut dengan Cheilitis. Sayangnya, banyak orang menyepelekan hal satu ini.

Untuk mencegah kekeringan bibir ini, Anda cukup mengoleskan pelembap bibir. Jika bibir kering ini tidak secepatnya dicegah, lama-lama kondisinya semakin parah.

Bibir Kering Saat Puasa Dapat Dicegah dengan Tips Ini
freepik.com

Bahkan, bibir bisa  sampai terluka dan berdarah  seiring dengan kulit-kulit tipis yang makin terkelupas.

Kondisi terburuknya, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa jadi salah satu gejala penyakit-penyakit luar biasa seperti diabetes. Lalu, bagaimana agar bibir lembap selama puasa?

Bagaimana Mengatasinya?

Ada beberapa tips untuk mengantisipasi bibir kering selama puasa ini. Pertama, setiap sahur, minumlah air putih sebanyak-banyaknya.

Kedua, gunakan sikat gigi kecil dan lembut untuk menyikat dan menyingkirkan sel-sel mati penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

Ketiga, selalu gunakan lip balm yang merupakan ala vital penjaga kelembapan bibir. Gunakan yang mengandung setidaknya SPF 15 untuk melindungi bibir Anda dari sinar matahari. Oleskan setiap dua jam sekali.

Keempat, sebelum mengoleskan lip balm, sebagai pengganti minum, jika merasa bibir terlalu kering saat puasa, sapukan lembut terlebih dulu kain atau handuk kecil putih yang sudah dibasahi air.

Kelima, selain lip balm, buat yang terbiasa memakai lipstik, pilihlah yang mengandung pelembap.

Keenam, hindari kebiasaan terlalu sering menjilat bibir. Banyak orang salah kaprah dan menganggap menjilat bibir membuat bibir lebih lembap. Air liur dijadikan sarana pengganti air minum. Padahal kenyataannya ludah yang mengandung enzim pencerna pemakan kulit bibir itulah penyebab iritasi yang berujung pada masalah bibir kering makin parah.

Ketujuh, usahakan makan makanan bergizi yang mengandung vitamin penting, terutama A, seperti wortel, tomat, dan sayur-sayuran hijau.

Kedelapan, kalau sempat, malam hari atau saat sahur lakukan perawatan sederhana dengan mengoleskan madu. Diamkan beberapa saat. Setelah itu oleskan pelembap bibir dan diamkan kembali sekitar 10-15 menit. Basuh bibir dengan air hangat. Lakukanlah setidaknya seminggu dua kali. Selain madu, potongan mentimun dan gel lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat ampuh pencegah bibir kering. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*