Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Booming Minuman Thai Tea, Yuk Kenali Bisnisnya…

Minuman Thai Tea atau teh Thailand kini sedang tenar di Indonesia. Beraneka macam merek dari produk ini banyak beredar di pasaran dan menjadi bisnis yang menarik.
Freepik.com

Minuman Thai Tea atau teh Thailand kini sedang tenar di Indonesia. Beraneka macam merek dari produk ini banyak beredar di pasaran dan menjadi bisnis yang menarik. Bahkan sebagian ada yang sudah memiliki cabang franchise di mana-mana.

Tertarik untuk terjun ke bisnis minuman Thai Tea? Sebelum benar-benar ingin berbisnis Thai Tea, alangkah baiknya untuk mengetahui secara mendalam tentang teh asal Thailand ini.

Bukan teh manis biasa

Thai Tea memang berbeda dengan es teh manis yang sudah ada di Indonesia sejak dahulu kala. Dari segi bahan baku utamanya, Thai Tea memakai daun teh asli Thailand dengan aroma khas rempah-rempah yang berasal dari air bunga jeruk, adas manis, dan asem. Proses pemilihan daun teh tersebut tidak bisa sembarangan, karena seduhan tehnya harus menghasilkan aroma yang tajam dan rasa yang kuat.

Dari segi pembuatannya, bahan baku utama tersebut tidak hanya diseduh dengan air biasa, tetapi dicampur juga dengan susu evaporasi dan kental manis. Oleh sebab itu, setiap seruputan Thai Tea melahirkan cita rasa yang unik dan membuat konsumen ketagihan.

Proses pembuatan yang mudah dan murah

Proses pembuatan Thai Tea mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Bahan bakunya tidak rumit dan mudah ditemukan. Tinggal beli saja di mall atau via online. Bahan bakunya cukup teh Thai, air, susu evaporasi, susu kental manis, dan es serut.

Alat-alat yang harus disiapkan pun tidak banyak. Setelah terkumpul semua bahan baku dan peralatan, kemudian masak air yang dicampur teh Thai selama 5-10 menit. Lalu saring serta campurkan susu evaporasi dan kental manis ke dalamnya. Untuk efek dinginnya, tambahkan es serut di atasnya. Bisa juga membuat varian lain dengan mencampurkan semua bahan tersebut menggunakan blender, sehingga didapatkan Thai Tea Smoothie.

Banyak merek Thai Tea yang membuka akses franchise

Kalau belum memiliki modal sendiri untuk memulai bisnis Thai Tea, maka bisa bekerja sama dengan salah satu merek yang sudah punya nama di pasaran. Sehingga tidak perlu susah payah untuk mempromosikan atau membangun reputasi merek dagang sendiri. Toh, rasa Thai Tea di mana-mana hampir sama, sebab proses pembuatannya memang tergolong sederhana dan mudah dicontoh.

Taksiran keuntungan dari bisnis Thai Tea

Dengan asumsi bahwa satu cup Thai Tea 500 ml seharga Rp 15.000, membutuhkan teh Thai 5 gram dan target penjualan pada bulan pertama adalah 30 cup per harinya, maka perhitungan keuntungan bisnis yang diperoleh bisa mencapai Rp 5 jutaan per bulan. Untuk modal awal sekitar Rp 2 jutaan, dengan biaya operasional bulanan sekitar Rp 6 jutaan.

Pemilihan lokasi yang strategis

Memulai bisnis waralaba Thai Tea memang lebih mudah dibandingkan membuka kedai Thai Tea dengan merek sendiri. Namun, masih ada beberapa franchise yang tidak berhasil menjalankan bisnis waralabanya ini. Salah satu faktor utama yang menyebabkan kegagalan tersebut adalah pemilihan lokasi yang tidak tepat.

Pertama, sesuaikan target pasar dengan lokasi yang akan dipilih. Karena mayoritas konsumen Thai Tea adalah kaum milenial, maka pilihlah lokasi booth di dekat sekolah atau perkantoran, bahkan pusat perbelanjaan.

Daya beli calon konsumen juga harus diperhatikan. Jangan sampai kehilangan calon konsumen karena mereka merasa produk yang dijual terlalu mahal. Demikian pula sebaliknya, calon konsumen bisa berpikir produk yang kita jual kurang berkualitas karena dibanderol dengan harga yang sangat murah bagi mereka.

Minuman Thai Tea atau teh Thailand kini sedang tenar di Indonesia. Beraneka macam merek dari produk ini banyak beredar di pasaran dan menjadi bisnis yang menarik.
Freepik.com

Kedua, pastikan bahwa belum ada yang menjual produk serupa beberapa kilometer di sekitar lokasi yang hendak dipilih. Kalaupun ada dengan merek yang berbeda, berarti perlu memikirkan strategi mumpuni untuk memenangkan kompetisi ini supaya jumlah konsumen bertambah setiap harinya. Ingatlah, tawarkan kompetisi yang sehat dengan mengedepankan kreativitas dan pelayanan yang maksimal. # A Terus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*