Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Ibu Hamil Ingin Tetap Berpuasa? Ikuti 7 Tips Ini

Ibu Hamil Ingin Tetap Berpuasa? Ikuti 7 Tips Ini

Meski sedang hamil, wanita muslimah banyak yang tetap menjalankan ibadah puasa. Biasanya mereka berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan sebelum menjalankan puasa.

Apakah puasanya ibu hamil membahayakan tumbuh kembang janin di dalam perut? Banyak dokter yang menyatakan tidak ada masalah. Namun ada beberapa tips yang harus dilakukan agar puasanya berjalan lancar.

1. Perbanyak minum air putih

Perbanyaklah minum air putih saat sahur maupun berbuka agar tubuh tidak merasa dehidrasi di siang hari. Normalnya kebutuhan air minum minimal 8 gelas sehari, sehingga dibagi dengan 4 gelas saat sahur dan 4 gelas ketika berbuka. Jauhilah minuman dingin karena dapat mengurangi kinerja lambung. Kurangi juga minuman manis saat sahur agar tubuh tak mudah lemas dan lapar saat siang hari.

2. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Makanlah makanan bergizi ketika sahur dan berbuka untuk mencukupi kebutuhan janin serta menjaga kesehatan si ibu saat berpuasa. Jangan tinggalkan mengonsumsi buah dan sayur dan asupan yang mengandung protein, seperti susu, daging, dan keju. Seimbangkan juga porsi makannya. Lebih baik porsi sedikit tapi sering daripada sekali tapi terlalu banyak.

3. Hindari makanan pedas dan berlemak

Hindarilah makanan pedas dan berlemak yang berdampak buruk pada kondisi tubuh. Makanan pedas dapat mempengaruhi perubahan hormon, menimbulkan rasa mulas, serta memicu rasa mual dan muntah. Sedangkan makanan berlemak dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatan ibu dan calon bayi. Gantilah dengan makanan berserat dan karbohidrat yang memiliki kualitas tinggi.

4. Minum susu ibu hamil saat buka dan sahur

Jangan lupa minum susu ibu hamil untuk menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia. Jika biasanya mengonsumsinya pada pagi dan malam hari, maka gantilah dengan meminum segelas susu hangat saat sahur dan berbuka.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Kurma yang Berkualitas

Baca Juga: Buka Puasa Dengan Kurma dan Air Putih, Ini Manfaatnya

5. Mengkonsumsi vitamin

Ibu hamil juga membutuhkan makanan yang mengandung vitamin untuk menjaga vitalitas tubuh. Berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu untuk memutuskan vitamin mana yang cocok bagi tubuh dan kesehatan janin. Sehingga vitamin yang dikonsumsi dapat bermanfaat secara maksimal serta mengurangi risiko obat-obatan.

6. Istirahat yang cukup

Saat berpuasa cukupkan istirahat. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat sehingga menyebabkan tubuh kelelahan. Ketika tubuh dalam kondisi stabil, hal ini juga berdampak pada kesehatan janin dan tubuh. Hindari pula hal-hal yang bisa membuat tertekan atau stres agar bisa menjalankan puasa dengan nyaman.

7. Batalkan puasa jika kondisi tubuh memburuk

Apabila tubuh terlalu lemas dan merasa tak sanggup menjalani puasa di siang hari, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan puasa. Terlebih jika keadaan itu dibarengi dengan gejala seperti pusing, perut mulas, muntah-muntah, keringat dingin, dan kondisi buruk lainnya. Segeralah pergi ke dokter jika tidak bisa mengatasinya sendiri. # A Terus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*