Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Ini Daftar Makanan Yang “Berjodoh” Dengan Ketupat Lebaran

Ini Daftar Makanan Yang “Berjodoh” Dengan Ketupat Lebaran

Kupat Tahu

Makanan ini bisa ditemukan di kota-kota sebagian besar pulau Jawa. Jenis makanan ini pantas untuk dicoba. Isiannya kumplit, ada potongan ketupat, bakwan goreng, tahu goreng, bakmi telur juga taburan kacang goreng. Menggunakan saus kecap bumbu bawang untuk pelangkapnya, tingkat kepedasan bisa sesuai selera. Kupat tahu akan lebih istimewa jika disajikan dengan telur dadar dan tahu goreng masih panas.

Soto isi ketupat

Indonesia memiliki keragaman kuliner yang sangat kaya. Salah satu ragamnya adalah jenis soto. Hampir semua daerah memiliki jenis kuliner yang satu ini. Misalnya soto Banjar, soto Betawi, soto Solo, soto Pacitan. Dengan karakteristik menonjol pada kuah dan isiannya, masing-masing soto rasanya wajib untuk dicicipi. Umumnya masakan soto dinikmati dengan nasi putih, akan tetapi sesekali soto-soto tersebut juga tetap sepesial ketika dijodohkan dengan ketupat.

Rendang

Begitu juga rendang. Biasa dimakan dengan nasi, maka tidak ada salahnya mencoba makan rendang yang dikawinkan dengan ketupat. Bumbunya yang kuat akan membuat setiap kunyahanya menjadi istiwewa.

Ketoprak

Ketoprak yang biasanya dimakan dengan lontong, jangan meremehkan ketika harus mengganti lontongnya dengan ketupat. Lengkap dengan irisan tahu, toge, bihun dan sambal kacang akan membuat setiap penggal ketupatnya terasa nikmat. Jangan ketinggalan kerupuk udangnya.

Sate

Abang tukang sate lumrahnya memadukan olahan bakarnya  dengan lontong atau nasi. Baik itu sate ayam maupun sate kambing. Ternyata substitusi bahan makanan dari lontong dengan ketupat ini juga sangat lezat. Menyatunya bumbu kacang akan membuat sate dengan ketupat ini bisa menjadi pilihan yang enak sekali.

Gado-Gado

Bumbu sambal kacang pada gado-gado yang lengkap dengan isiannya, juga tidak mengurangi rasa nikmatnya ketika harus dijodohkan dengan ketupat. Gado-gado yang banyak sayurannya ditambah lagi telur rebus akan sangat bisa memanjakan lidah saat menikmatinya.

Orem-Orem

Masakan khas Kota Malang berbahan irisan tempe goreng, ayam, dengan kuah santan kental. Disajikan dengan ketupat iris yang diberi tauge, tempe dan disiram kuah sayur kuah santan. Dengan kuah santan serta isian tahu dan tempe kacang membuat orem-orem menjadi sajian yang istimewa.

Bakso

Dari usia anak-anak hingga kakek-kakek, hampir seluruh warga Indonesia mengenal olahan bakso. Mesikpun banyak pedagangnya yang berasal dari tanah Wonogiri. Yang membedakan bakso pada umumnya adalah komposisi bahan yang dipakai untuk membuat bola bakso. Ciri umumnya adalah berkuah bening, dilengkapi sayuran sawi, mi jagung, dan wajibnya ada bola daging bakso. Coba sesekali menambahkan isiannya dengan irisan ketupat, dijamin puas. Karena sangat nikmat dan cepat membuat kenyang.

Opor Ayam

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki jenis makanan ini. Dengan kuahnya yang lezat, opor ayam sangat pas diduetkan dengan irisan ketupat lebaran yang kenyal dan empuk. # A Terus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*