Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Inovatif, Tiga Mahasiswi Cantik Ini Temukan Salep Ekstrak Daun Ketapang Untuk Sembuhkan Luka Diabetes

Semakin seriusnya ancaman penyakit diabetes mellitus di seluruh dunia termasuk Indonesia, membuat tiga mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR) ini tergerak untuk berinovasi mencari solusinya.

Semakin seriusnya ancaman penyakit diabetes mellitus di seluruh dunia termasuk Indonesia, membuat tiga mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR) ini tergerak untuk berinovasi mencari solusinya.

Ketiga mahasiswi itu adalah Fakhriyah Dinina (2017), Filzah Firzanah Ramadhanti (2017), dan Salsa Lina Agustin (2017). Mereka berinovasi dengan memanfaatkan daun ketapang sebagai salep untuk solusi ulkus diabetikum atau luka yang luar yang dialampi penderita diabetes.

Sebagaimana diberitakan dalam laman resmi kampus UNAIR, penelitian yang mereka temukan itu diberi judul Identifikasi Aktivitas Salep Ekstrak Etanol Daun Ketapang sebagai Solusi Ulkus Diabetikum. Bahkan penelitian tersebut berhasil lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikam Tinggi bidang penelitian eksakta.

Ketua tim Fakhriyah mengatakan pemilihan ketapang dalam penelitian mereka dikarenakan adanya kandungan flavonoid, tanin, dan saponin yang terkandung dalam daun ketapang memiliki potensi untuk menyembuhkan luka.

“Selain itu, ketapang yang banyak dijumpai sebagai tanaman peneduh kurang dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Lebih cepat dari obat di pasaran

Dalam praktiknya, lanjut Fakhriyah, ia dan tim mengolah daun ketapang menjadi ekstrak kemudian diolah menjadi salep. Salep yang dihasilkan, jelasnya, diujikan pada 18 mencit (tikus putih) yang mengalami diabetes. Selain itu, hasil yang ada  kemudian dibandingkan hasil percepatan penyembuhannya dengan obat yang biasa digunakan di pasaran.

Baca Juga: Kenali Kanker Darah Seperti yang Diderita Ibu Ani SBY dan Penanganannya

“Hasilnya salep ekstrak daun ketapang ini mampu mempercepat penyembuhan luka mencit dibandingkan dengan obat yang beredar di pasaran,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2017 penderita diabetes di Indonesia mencapai 11 juta orang dan diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 17 juta orang pada 2045.

Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi salah satunya yaitu ulkus diabetikum atau luka pada kaki yang sukar sembuh. Ulkus diabetikum ini sering menyebabkan dilakukannya tindakan amputasi pada penderita diabetes. # A Terus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*