Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Jangan Sampai THR Ludes Sia-sia, 5 Tips Ini Bisa Diterapkan

Salah satu yang ditunggu oleh para pekerja atau karyawan menjelang hari raya Idul Fitri adalah tunjangan hari raya (THR). Besaran THR yang biasanya setara satu kali gaji, sangatlah berharga untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

Namun, seringkali uang THR ludes begitu saja tanpa terasa hasilnya. Uang THR habis seketika untuk beli ini itu yang sifatnya konsumtif. Penyesalan biasanya baru terasa ketika usai lebaran. Terus apa yang harus dilakukan? Berikut tips mengelola THR agar tidak menyesal di kemudian hari:

1. Menahan diri dari belanja berlebihan

Berbelanja baju baru adalah tradisi saat lebaran. Namun, biasanya saat berbelanja justru menghabiskan semua uang di luar dari perkiraan. Untuk menghindari hal ini, penting untuk berlatih menahan nafsu berbelanja berlebihan. Coba untuk fokus pada satu tujuan, untuk membeli baju baru misalnya, kemudian berhenti mengeluarkan uang ketika barang itu sudah dibeli.

2. Membuat rencana keuangan

Sama seperti saat menerima gaji tiap bulan, perlu menyiapkan rencana keuangan untuk pengelolaan THR. Tuliskan hal-hal yang ingin dilakukan dengan uang THR, kemudian susun berdasarkan prioritasnya. Jangan lupa menuliskan harga-harga dari barang yang ingin dibeli atau jasa yang ingin dibayarkan. Dengan begitu, bisa diketahui besar nilai pengeluaran dan menyesuaikannya dengan nominal THR.

3. Belanja hanya untuk kebutuhan mendesak

Dari perencanaan uang yang sudah dibuat, bisa dilihat hal-hal berdasarkan prioritasnya. Utamakan pembelian untuk kebutuhan yang mendesak, seperti sepatu baru menggantikan yang sudah rusak sebelumnya. Kemudian, pertimbangkan lagi kebutuhan lainnya yang dianggap memiliki prioritas rendah. Jangan sampai uang THR habis sebelum bisa memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu.

4. Membeli emas atau investasi kecil

Selain menjadi perhiasan yang cantik, emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling mudah dilakukan. Sebab suatu saat jika keadaanmu cukup mendesak, emas itu bisa dijual kembali. Jadi, uang THR tetap utuh, bedanya hanya berubah menjadi sebuah perhiasan yang menawan.

5. Menabung langsung setelah menerimanya

Jika tidak ada kebutuhan mendesak yang ingin dipenuhi, atau tidak ada barang yang ingin dibeli, maka THR bisa ditabung. Baik itu dalam rekening bank atau celengan di rumah. Cara seperti ini paling efektif, terutama untuk mereka yang memang ingin menabung dan merencanakan sesuatu yang lebih besar di masa depan. Uang THR bisa menambah saldo tabungan. # A Terus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*