Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

RS PKU Muhammadiyah Solo Sosialisasikan Penanganan-Pencegahan Hepatitis A pada Anak-anak

Sosialisasi mengenai penanganan dan pencegahan penyakit Hepatitis A di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Selasa (23/7/2019). FOTO : Dokumentasi Humas RS PKU Surakarta,

CANTIEQ.COM, SOLO – Menyambut Hari Anak Nasional, Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan sosialisasi mengenai penanganan dan pencegahan penyakit Hepatitis A.

Acara yang digelar pada Rabu (23/7/2019) ini menghadirkan pembicara dokter spesialis anak, dr Dina Rismawati, SpA.

Acara di Ruang Rawat Inap Anak Arofah RS PKU Muhammadiyah Solo ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari penunggu pasien di Ruang Arofah dan Ruang Rawat Inap di sekitarnya.

Menurut Humas RS PKU Muhammadiyah Solo, Betty Andriani, kepada Cantieq.com, selain unuk memperingati Hari Anak Nasional, acara ini juga dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli mendatang.

“Mengingat beberapa saat lalu terjadi Kejadian Luar Biasa meningkatnya jumlah Pasien Hepatitis A di Kabupaten Pacitan , Jawa Timur, RS PKU Solo melakukan sosialisasi terkait penanganan dan pencegahan penyakit Hepatitis A,” katanya.

Salah satu kegiatan dalam sosialisasi mengenai penanganan dan pencegahan penyakit Hepatitis A di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Selasa (23/7/2019). FOTO : Dokumentasi Humas RS PKU Surakarta,

Adapun dalam acara tersebut dr Dina Rismawati SpA menyampaikan beberapa ciri yang bisa diketahui oleh orang awam dengan cara melihat perbedaaan pada tubuh penyandang penyakit Hepatitis A .

Yaitu demam, diare, muntah dan nyeri di bagian sendi.

Ada juga perubahan warna kotoran saat buang air, berubahnya warna kotoran buang air besar yang mula berwarna kuning berubah berwarna abu-abu; berubahnya warna urine atau air kencing menjadi warna kuning pekat seperti warna teh.

Selain itu yang paling mencolok adalah perubahan warna kuning pada perut dan mata.

Hal ini disebabkan karena ada kerusakan pada hati.

Lebih lanjut dr Dina menyampaikan beberapa cara untuk mencegah penularan Hepatitis A.

Salah satunya suntik vaksin yang telah disediakan di setiap rumah sakit.

Selain itu istirahat yang cukup, sering minum air putih untuk kecukupan cairan tubuh, menghindari makanan berlemak dan minuman beralkohol, dan juga selalu menjada kebersihan.

“Salah satunya adalah dengan mencuci tangan yang baik dan benar,” ucapnya. (Junianto Setyadi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*