Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Selain Membuat Bahagia, Ini Lho 10 Manfaat Lainnya Olahraga Jalan Kaki

Selain Membuat Bahagia, Ini Lho 10 Manfaat Lainnya Jalan kaki Dipagi Hari
Freepik.com

Merasa sadar diri badan terasa lemas, kurang bersemangat, atau wajah terlihat kusam? Barangkali itu semua karena kita jarang melakukan aktivitas olahraga. Sedangkan ketika mau berolahraga bingung mau olahraga yang seperti apa.

Mungkin ada baiknya untuk mencoba dengan olahraga yang mudah dan tidak perlu tempat khusus yaitu jalan kaki. Betul, jalan kaki merupakan olahraga ringan yang tidak membutuhkan syarat yang aneh-aneh untuk melakoninya. Cukup dengan kemauan ringan, sepatu olahraga secukupnya, kaos oblong dan celana longgar, sudah bisa memulai jalan kaki. Bisa dilakukan sore hari maupun pagi hari dilingkukan sekitar rumah.

AKan tetapi disarankan jalan kaki lakukan di pagi hari. Jalan-jalan pagi dapat membantu menyegarkan otak, mengaktifkan tubuh lebih segar dan memberi semangat untuk menjalani hari. Paling tidak ini beberapa manfaat jalan kaki di pagi hari.

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik setelah rutin berjalan kaki dipagi hari. Metabolisme biasanya melambat saat tidur, sehingga sistem tersebut akan ‘dibangunkan’ dan aktif kembali saat jalan kaki di pagi hari.

Metabolisme merupakan proses mengubah zat gizi dari makanan yang dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi sehingga fungsi tubuh seperti pernapasan, detak jantung, hingga fungsi otak bekerja dengan sempurna

2. Mengurangi stres

Segarnya udara dipagi hari yang dipadukan dengan jalan kaki juga memberi waktu tambahan untuk bermeditasi dan mengurangi stres. Karena selain udara yang masih sangat segar, biasanya suasananya tenang dan menenangkan otak, yang membuatnya bisa berpikir lebih jernih.

3. Kulit bersinar

Jalan-jalan pagi dapat membantu menutrisi kulit Anda. Pagi hari biasanya kadar polusi udara masih rendah dan sinar matahari yang mengandung vitamin D pun masih baik untuk kulit. Udara yang baik plus sinar matahari akan membuat kulit bersinar.

Selain Membuat Bahagia, Ini Lho 10 Manfaat Lainnya Jalan kaki Dipagi Hari
Freepik.com

4. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mengancam banyak orang. Tetapi risiko penyakit ini bisa dikurangi dengan rajin berjalan di pagi hari. Karena menurut penelitian, jalan pagi 30 menit dapat membantu mengontrol gula darah serta membantu pengelolaan insulin pada diabetes tipe II (2). Hal ini memungkinkan sel-sel di otot untuk menggunakan lebih banyak glukosa, membantu membakar lemak tubuh yang tidak dibutuhkan, dan juga membantu memperbaiki Indeks Massa Tubu).

5. Stamina tubuh meningkat

Stamina tubuh secara perlahan akan semakin membaik jika setiap pagi hari mengawali aktivitas dengan berjalan kaki. Tubuh tidak akan merasa cepat lelah sepanjang hari, karena telah ‘membangunkan’ hormon endorfin dan sistem metabolisme pada olahraga pagi tersebut.

6. Jantung semakin sehat

Bagi penderita masalah jantung, memang tidak baik untuk melakukan olahraga lari. Tetapi bisa memilih dengan olahraga jalan kaki ringan di pagi hari. Sebuah studi kesehehatan menunjukkan, dengan jalan kaki dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke jika dilakukan secara rutin.

7. Mengurangi risiko keguguran

Sebuah hasil studi oleh National Health Service menunjukkan, ibu hamil sangat bisa mendapatkan keuntungan dari mengikuti latihan seperti jalan kaki di pagi hari. Pasalnya, kadar hormon yang tidak menentu dan menyebabkan perubahan pada tubuh di saat hamil bisa dikontrol dengan olahraga yang rutin seperti jalan kaki. Makanya hal yang lumrah ketika banyak dijumpai wanita hamil yang melakukan aktivitas jalan-jalan dipagi hari, salah satunya untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

8. Mengurangi berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih memang membuat tubuh semakin berat. Dengan berjalan kaki selama 30 sampai 40 menit setiap hari kelebihan berat badan tersebut bisa dikendalikan bahkan cenderung dikurangi. Olahraga ini membantu meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori untuk menurunkan berat badan. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa menurunkan berat badan dengan sehat tanpa mengubah diet adalah dengan berjalan kaki setiap hari.

Selain Membuat Bahagia, Ini Lho 10 Manfaat Lainnya Jalan kaki Dipagi Hari
Freepik.com

9. Mengurangi gejala varises

Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Seiring bertambahnya usia, varises  sangat mungkin terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki. Jalan kaki setidaknya 30 menit bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi, sehingga tidak terlihat lagi pembuluh darah vena yang menonjol dan terlihat di are betis.

10. Hati semakin bahagia

Dengan berjalan kaki dipagi hari setidaknya 30 menit disebut oleh pakar kesehatan ternyata sama dengan mengkonsumsi tiga buah dark chocolate. Karena orang yang rutin berjalan kaki mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa bahagia.

Telebih jika rutinitas ini dilakukan bersama orang yang dicintai maka jalan kaki bisa semakin membuat hati senang dan bahagia. Suasana hati yang baik akan membawa hari penuh dengan produktivitas yang baik dan juga positif.

11. Semakin kreatif

Dengan berbagai hal positif di atas, secara tidak langsung aktivitas jalan kaki di pagi hari ternyata juga bisa membuat orang lebih kreatif dalam berkreasi. Menurut hasil penelitian tahun 2014 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, membuktikan bahwa berjalan kaki dapat memicu kreativitas seseorang. Oleh karena itu, mempraktikkan hal ini setiap hari tentu bisa menjadikan terapi berpikir lebih kreatif.

Pada akhirnya kita harus berpegang falsafah hidup pendahulu kita, yaitu mencegah lebih baik daripada mengobati. Artinya sebelum terlambat lebih baik segera memulai untuk menjaga kesehatan kita dengan berolahraga. Olahraga apa saja baik, mulailah dengan olahraga yang ringan namun manfaatnya juga sangat bagus, yaitu jalan kaki dipagi hari. # A Terus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*